Entri Populer

Jumat, 09 Maret 2012

RENCANA KERJA TAHUN 2012

KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah puja syukur ke hadirat Allah SWT atas segala ni’mat dan rahmat-Nya kami dapat menyusun Laporan Tahunan tahun 2011 ini sebagai bahan evaluasi melaksanakan tugas untuk semester berikutnya. 
            Laporan Tahunan yang kami susun ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan. Namun kami mengharapkan Laporan Tahunan yang sederhanan ini dapat memberikan input dan informasi tentang kinerja kami pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Ranto Baek selama tahun 2011 ini.
            Akhirnya kami berharap kritik dan saran yang sehat dan membangun untuk bahan evaluasi serta perbaikan kinerja kami agar lebih baik lagi dalam rangka menjalankan segala amanah yang ditugaskan Kementerian Agama pada kami.


Manisak ,   31    Desember 2011
Kepala Kantor Urusan Agama
Kecamatan Ranto Baek


Aman, S.Ag
NIP. 196810102000121007


BAB I

PENDAHULUAN

            Kantor Urusan Agama Kecamatan Ranto Baek merupakan salah satu dari 22 Kantor Urusan Agama (KUA) di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal dengan tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementeian Agama Kabupaten Mandailing Natal di bidang Urusan Agama Islam dalam wilayah kerja Kecamatan Ranto Baek.
            Dalam pelaksanaan tugas tersebut Kantor Urusan Agama kecamatan Ranto Baek memiliki struktur organisasi dengan komposisi pegawai ;
a. 1 orang Kepala KUA,
b. 2 orang PPNR,
 c. 2 orang Calon Penghulu,
d. 1 orang CPPN,
e. 2 orang Penyuluh Agama Islam dan
f. 1 orang Pegawai Honorer.
Adapun wilayah kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Ranto Baek adalah sebanyak 14 desa binaan dengan jumlah penduduk 11.234 jiwa.
            Dalam pelaksanaan program kerjanya, Kantor Urusan Agama Kecamatan Ranto Baek bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal yang secara teknis dikoordinasi oleh Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan memiliki fungsi tugas melakukan Tata Usaha Kantor, Tata Usaha Keuangan, Tugas-tugas yang berkenaan dengan Pencatatan Nikah/Rujuk, Kemasjidan, Haji, Zakat Wakaf dan Ibadah Sosial, Pembinaan Keluarga Sakinah dan tugas lainnya yang di amanatkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal.
            Mengingat tugas dari Kantor Urusan Agama yang sangat luas dan tanggung jawab yang sangat berat tersebut tidak mungkin dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya tanpa dibarengi dengan sarana dan prasarana yang memadai, kerja keras seluruh staf dan kerjasama antar instansi di Kecamatan.
            Berdasarkan hal tersebut diatas Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Ranto Baek mencoba untuk membuat rencana kerja  tentang pelaksanaan tugas-tugas yang akan dilaksanakan pada  tahun 2012.


BAB II
TUGAS POKOK, FUNGSI, VISI DAN MISI

A.       TUGAS POKOK
            Berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 517 Tahun 2001 tentang Penataan Organisasi Kantor Urusan Agama Kecamatan adalah melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal di bidang Urusan agama Islam dalam wilayah Kecamatan.

B.        FUNGSI
            Dalam melaksanakan tugas tersebut diatas maka Kantor Urusan Agama Kecamatan Ranto Baek melaksanakan fungsi sebagai berikut:
1.        Menyelenggarakan Statistik dan Dokumentasi
2.        Penyusunan surat menyurat, kearsipan dan rumah tangga Kantor
3.        Tata Usaha Keuangan Kantor
4.        Melaksanakan pencatatan nikah dan rujuk, mengurus dan membina kenaziran masjid, zakat dan wakaf, ibadah sosial, kependudukan dan pengembangan keluarga sakinah
5.        Melaksanakan Bimbingan Manasik Haji

C.        VISI DAN MISI
            Dalam upaya mewujudkan pelayanan prima pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Ranto Baek telah ditetapkan Visi dan Misi sebagai berikut:
VISI :
“Terwujudnya Masyarakat Ranto Baek Yang Taat Beragama, maju, sejahtera dan cerdas serta saling menghormati antar pemeluk agama dalam kehidupan bermasyarakat”
MISI :
1.        Meningkatkan kualitas Pelayanan Kepenghuluan dan Pencatatan Nikah
2.        Meningkatkan kualitas Pelayanan dan Pembinaan Keluarga sakinah
3.        Meningkatkan kualitas  Pelayanan Pembinaan Ibadah sosial
4.        Meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan Zakat dan Wakaf
5.        Meningkatkan kualitas Pelayanan dan Pembinaan Masjid
6.        Meningkatkan kualitas Pelayanan dan Bimbingan manasik Haji


D.     MAKSUD DAN TUJUAN

             Maksud disusunnya Rencana Kinerja Tahunan adalah menjaga konsistensi dan keterpaduan dalam perencanaan, pelaksanaan, penganggaran maupun pengawasan.
Adapun tujuan penyusunan Rencana Kinerja Tahunan adalah sebagai acuan bagi  Kantor Urusan Agama Kecamatan Ranto Baek dalam menyusun rencana anggaran kegiatan.


























BAB III
RENCANA PROGRAM KERJA

A.       PELAKSANAAN KEGIATAN RUTIN
            Dari uraian tugas dan fungsi Kantor Urusan Agama Kecamatan, maka Kantor Urusan Agama kecamatan Ranto Baek telah merealisasikan tugas-tugas rutin tersebut sebagai berikut:
1.       Bidang Tata Usaha kantor
Target Program Kegiatan:
1)        Peningkatan kualitas SDM pelaksana ketatausahaan kantor
2)        Tersedianya data yang akurat dan aktual
3)        Peningkatan kualitas penataan dan pemeliharaan barang inventaris kantor
Program Kegiatan Yang  akan dilaksanakan:
1)        Melaksanakan pembinaan ketatausahaan kantor setiap satu bulan dan tri wulan kerja
2)        Melakukan inventarisasi, identifikasi dan penyajian data yang up to date, penyempurnaan data, grafik, statistik dan dokumentasi kegiatan KUA serta penataan kearsipan
3)        Pembuatan laporan tepat waktu, bulanan, semester dan laporan akhir tahun
2.       Bidang Kepenghuluan
Target Program Kegiatan:
-            Peningkatan kualitas dan profesionalitas pelayanan pelaksana bidang kepenghuluan (penghulu dan P3N)
Program Kegiatan Yang akan dilaksanakan:
1)        Mengikuti pembinaan kepenghuluan yang dilaksanakan oleh seksi Urusan Agama Islam
2)         Melaksakan dan mensosialisasikan PMA No.  11 tahun 2007 tentang Pencatatan Nikah (pengganti KMA No. 477 tahun 2004 tentang Pencatatan Nikah)
3)        Melaksanakan Kegiatan BP4 Kecamatan, bimbingan dan penyuluhan catin, pelayanan konseling masalah NTCR
4)        Menerima dan memeriksa berkas persyaratan nikah
5)        Menyelesaikan buku Akta Nikah dan Kutipan Akta Nikah tepat pada waktunya


3.       Bidang Pengelolaan Keuangan NR
Target Program Kegiatan:
1)        Peningkatan kualitas SDM pengelola administrasi keuangan NR
2)        Peningkatan kualitas administrasi penerimaan dan penyetoran biaya keuangan NR
Program Kegiatan Yang telah dilaksanakan:
1)        Melaksanakan PMA No. 71 tahun 2009 tentang Pengelolaan Biaya Pencatatan Nikah dan Rujuk
2)        Mencatat penerimaan dan penyetoran dana NR tepat pada waktunya
4.       Bidang Pembinaan Kenaziran Masjid
Target Program Kegiatan:
1)        Melaksanakan identifikasi data sarana peribadatan dan organisasi kemasjidan yang sah sesuai dengan peraturan Kenaziran Masjid yang ada
2)        Peningkatan pembinaan bagi pengurus BKM
Program Kegiatan Yang  akan dilaksanakan:
1)        Menginventarisasi dan penyajian data kemasjidan untuk kemudahan informasi kepada pengguna data
2)        Melaksanakan kunjungan dan pembinaan kemasjid-masjid melalui shalat dan khutbah jum’at keliling, dalam rangka silaturrahim serta memotivasi pengurus BKM dalam meningkatkan wawasan manajemen masjid
3)        Melaksanakan pembinaan Remaja Masjid yang ada di wilayah kecamatan Ranto Baek
4)        Mengeluarkan SK bagi semua pengurus BKM di Kecamatan Ranto Baek
5.       Bidang Haji, Zakat dan Wakaf
Target Program Kegiatan:
1)        Mengidentifikasi data haji, zakat dan potensi tanah wakaf
2)        Peningkatan kualitas wawasan bagi pelaksana zakat melalui BAZ dan UPZ
3)        Peningkatan wawasan bagi para pelaksana wakaf
4)        Peningkatan pemahaman dan persiapan ibadah haji bagi calon jemaah haji
Program Kegiatan Yang akan dilaksanakan:
1)        Melaksanakan penyuluhan tentang haji, zakat dan wakaf secara langsung melalui ceramah ataupun khutbah jum’at
2)        Mengeluarkan SK nazir wakaf malalui BKM dan Unit Pengumpul Zakat
3)        Melaksanakan bimbingan manasik haji bagi calon jema’ah haji setiap tahunnya



6.       Bidang Keluarga Sakinah
Target Program Kegiatan:
1.         Peningkatan kualitas Penasehatan Calon Pengantin
2.         Peningkatan kualitas Pembinaan Keluarga melalui  Gerakan Keluarga Sakinah
3.         Pemilihan Keluarga Sakinah tingkat kecamatan
Program Kegiatan Yang akan dilaksanakan:
1.         Melaksanakan Peraturan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.II/491 tahun 2009 tentang Kursus Calon Pengantin
2.         Memberikan penasehatan dan konseling kepada keluarga yang bermasalah agar keluarga tidak retak / tetap lestari
3.         Mengikuti kegiatan pemilihan keluarga sakinah teladan tingkat Kabupaten Mandailing Natal
7.       Bidang Pembinaan Ibadah Sosial
Target Program Kegiatan:
1.         Peningkatan kesadaran masyarakat tentang ibadah sosial
2.         Peningkatan kualitas ibadah sosial guna meningkatkan ukhuwah dan pemahaman serta pengamalan keagamaan
3.         Terselenggaranya festival bernuansa islami guna memotivasi generasi muda mendalami khazanah islam
Program Kegiatan Yang akan dilaksanakan:
1.         Melaksanakan koordinasi dengan para penyuluh agama islam dan penggerak majelis ta’lim di kecamatan Ranto Baek
2.         Menghadiri pengajian MUI, IPHI dan PHBI
3.         Berpartisipasi dalam MTQ dan Festival Nasyid tingkat Kabupaten

B.    PELAKSANAAN KEGIATAN LINTAS SEKTORAL
       Target Program Kegiatan:
1.         Mensukseskan Program UPGK (Usaha Perbaikan Gizi Keluarga) dan KB (Keluarga Berencana)
2.         Mensukseskan Kantibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat)
3.         Mensukseskan program pemerintah di Kecamatan



       Program Kegiatan Yang  akan dilaksanakan:
1.         Memberikan penasehatan kepada para catin tentang pentingnya gizi pada keluarga dan program Keluarga Berencana
2.         Bekerja sama dengan Muspika dalam rangka mensukseskan program Kantibmas melalui bahasa agama seperti ceramah ataupun khutbat
3.         Menghadiri rapat koordinasi setiap bulannya di aula Kantor Camat Ranto Baek


BAB IV
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA

A.     HASIL-HASIL YANG DICAPAI
1.        Kegiatan Rutin
Dalam melaksanakan tugas rutin yang dikemukakan diatas telah dapat dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan kondisi yang ada
2.        Kegiatan Lintas sektoral
     Dalam melaksanakan tugas lintas  sektoral yang telah dikemukakan diatas, dapat dilaksanakan dengan baik, karena adanya kerja sama dengan instansi yang terkait

B.    HAMBATAN dan SOLUSI
1.    KUA Kecamatan Ranto Baek belum memiliki Gedung/Kantor sendiri dan sarana prasarana yang memadai dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan pada masyarakat
Solusi :
a.    Mengusulkan segera dibangunnya Gedung/Kantor KUA diatas lahan yang sudah dihibahkan oleh masyarakat Ranto Baek
b.    Mengoptimalkan penggunaan sarana prasarana Gedung/ Kantor yang disewa

2.    Belum seimbangnya kualitas dan kuantitas pelaksana dengan beban tugas yang diemban.
Solusi :
a.        Pembinaan, pelatihan dan pengawasan serta pembagian tugas sesuai dengan kemampuan pelaksana
b.        Perlu adanya pembinaan dan pelatihan secara berkelanjutan

3.        Rendahnya pemahaman masyarakat terhadap peraturan dan ketentuan yang berhubungan dengan proses NTCR, perwakafan, zakat dan kegiatan ibadah sosial lainnya
Solusi :
a.        Penyuluhan dan pembinaan hukum secara teratur, terarah dan berkesinambungan
b.        Melakukan peningkatan kerjasama dan koordinasi dengan pihakterkait dalam pembinaan masyarakat

4.        Fungsi BP4 Kecamatan tidak berjalan optimal, karena ruangan kantor dan meubiler yang tidak memadai
5.        Proses perceraian di PA dapat berlangsung tanpa adanya Penasehatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perwakilan dari BP4 terlebih dahulu
Solusi :
a.        Perlu adanya dana operasional khusus untuk BP4 Kecamatan
b.        Melakukan peningkatan koordinasi dengan pihak-pihak terkait
c.         Melakukan sosialisasi tentang peran dan fungsi BP4 Kecamatan

6.        Keadaan jalan yang menghubungkan antar desa pada lokasi kerja adalah tanah merah dan berbatu yang tidak rata, belum beraspal, sangat licin jika turun hujan sehingga agak membahayakan/rawan bagi keselamatan dan berpengaruh pada cepat rusaknya kendaraan pegawai
Solusi :
a.        Perlu diadakan kendaraan dinas
b.        Perlu adanya bantuan dana operasional khusus untuk daerah lokasi kerja yang jauh dan fasilitas umum yang minim







                                     



           
                       




BAB V
PENUTUP

Demikian rencana program kegiatan tahun 2012, semoga Allah memberikan pertolongannya kepada kita semua, amin.
Manisak,  3 Januari 2012
Kepala Kantor Urusan Agama
Kecamatan Ranto Baek


Aman, S.Ag
NIP. 196810102000121007































A.       SARAN
1.        Kepada penentu kebijakan di Kementrian Agama, agar senantiasa lebih insentif dalam melakukan pembinaan ke tingkat bawah sebagai upaya meningkatkan etos kerja dan pelayanan kepada masyarakat
2.        Kepada penghulu, para pelaksana dan pembantu penghulu;
a.         Agar lebih meningkatkan kualitas pemahaman dan keterampilan teknis sesuai dengan Job Description masing-masing
b.         Meningkatkan profesionalitas kerja, inovatif, disiplin dan integritas tinggi serta menjunjung tinggi etika dalam pelayanan kepada masyarakat
c.         Mempertahankan dan meningkatkan prestasi kerja sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki

3.        Segera dibangun Balai Nikah/Gedung KUA kecamatan Ranto Baek sebagai upaya perwujudan pelayanan prima kepada masyarakat
4.        Segera diadakan kendaraan dinas, agar kerja lebih lancar dan meminimalisir biaya pengeluaran pegawai untuk perawatan kendaraan pribadi
 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar